14/06/2021

Workshop Implementasi MBKM di Hotel Deli Rantauprapat 2020

Program Studi Agroteknologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Labuhanbatu menggelar Workshop “implementasi Kegiatan Pembelajaran Program Merdeka Belajar Kampus Medeka (MBKM)” Kegiatan ini dilaksanakan dalam 2 sesi yang mana sesi pertama dilaksanakan tatap muka tanggal 30 November 2020 pada pukul 10.00 wib s/d 12.00 wib dan sesi kedua secara daring Zoom tanggal 30 November 2020 pukul 14.00 wib s/d 16.00 wib di Hotel Deli Rantauprapat. Dimulai dengan pembukaan  dari master of ceremony atau pembawa acara Reni Kartika Ningsi, M.Psi yang diawali nyanyian lagu kebangsaan Indonesia Raya yang selanjutnya pembacaan doa yang dibawa oleh saudara Wiwit Arif Mahardika.

master of ceremony atau pembawa acara Reni Kartika Ningsi, M.Psi

Pembacaan Doa saudara Wiwit Arif Mahardika

Sabutan dari Ketua Panitia MBKM oleh Yudi Triyanto, SP, M.Si menjelaskan tentang MBKM, saat ini Program yang sedang berjalan adalah Program Pertukaran Pelajar sebanyak 5 mahasiswa terdiri dari 4 mahasiswa memilih di Program Studi Manajemen Fak. Ekonomi dan Bisnis kemudian 1 mahasiswa memilih di Program Studi Pendidikan Biolofi Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Program KKN-Tematik sebanyak 5 mahasiswa yang dilaksanakan di Desa Gunung Selamat Kec. Bilah Hulu Kab. Labuhanbatu selama 6 Bulan.

Ketua Panitia MBKM Yudi Triyanto, SP, M.Si

Kata-kata Sabutan juga disampaikan oleh Bapak Rektor Universitas Labuhanbatu Ade Parlaungan NST, SE, M.Si, Ph.D dan Ibu Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Labuhanbatu Novilda Elizabeth Mustamu, S.Pt, M.Si. Dari Mitra kata sambutan dibawa oleh Bapak Kepala Balitbang Kab. Labuhanbatu  H. Zuhri, SE, M.Si, Bapak Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kab. Labuhanbatu Selatan  Azaman , ST, MM, Bapak Manager PT. SMA Frengky, SP dan perwakilan dari Kepala Desa di Kec. Bilah Hulu Kab. Labuhanbatu oleh Kepala Desa Gunung Selamat Wiyono, SP.

Rektor Universitas Labuhanbatu Ade Parlaungan NST, SE, M.Si, Ph.D

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Labuhanbatu
Novilda Elizabeth Mustamu, S.Pt, M.Si

Kepala Balitbang Kab. Labuhanbatu  H. Zuhri, SE, M.Si


Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kab. Labuhanbatu Selatan  Azaman , ST, MM

Manager PT. SMA Frengky, SP

Kepala Desa Gunung Selamat Wiyono, SP

Kegiatan MBKM tersebut tidak terlepas dari dukungan oleh seluruh Stakeholder dan lembaga mitra terkait seperti Bapak Camat Kecamatan Bilah Hulu yang memfasilitasi untuk melaksanakan perjanjian kerjasama dengan Kepala Desa dibawah pimpinannya. Kerjasama yang sudah berjalan sebanyak 24 perjanjian yang diantaranya 4 perjanjian dari pemerintah Kabupaten dan 20 perjanjian kerjasama dari pemerintah Desa dan lembaga lainnya.

Acara ini juga di hadiri Dekan Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan ULB Ika Crastanti, S.Pd, M.Pd, Dekan Fak. Hukum ULB Risdalina, SH, Ka. Prodi Fak. Hukum ULB, MH dan juga Dekan Fak. Ekonomi dan Bisnis ULB Prastyo, SE, M.Si.

Penyampaian Materi oleh Narasumber Seputar Program MBKM yang sudah di Implementasikan di Program Studi Agroteknologi dibawa oleh Dahrul Aman Harahap, S.Pt, MM. M.Pd.

Narasumber Dahrul Aman Harahap, S.Pt, MM. M.Pd

Terakhir adalaah Pemberian Cinderamata oleh Bapak Rektor ULB dan Ibu Dekan Fakultas Sains dan Teknologi kepada Lembaga Mitra yang telah bersedia melaksanakan MoU dan MoA dalam Program MBKM tersebut.

Pada sesi kedua melalui daring Zoom tanggal 30 November 2020 pukul 14.00 wib s/d 16.00 wib, yang dibuka oleh Bapak Khairul Rizal, S.TP, M.Si dan sambutan disampaikan Bapak Rektor Universitas Labuhanbatu yang diwakilkan oleh Dahrul Aman Harahap, S.Pt, MM. M.Pd. Sambutan juga disampaikan oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Labuhanbatu Novilda Elizabeth Mustamu, S.Pt, M.Si.

Penyampaian materi melalui Zoom disampaikan oleh Direktur Pendidikan dan Pengajaran UGM ibu Dr. agr. Ir. Sri Peni Wastutiningsih.

Panitia yang terlibat dalam acara ini 1. Novilda Elizabeth Mustamu, S.Pt, M.Si, 2. Yudi Triyanto, SP, M.Si, 3. Rahma Mutia, S.Psi, M.Psi, 4. Sriono, SH, M.Kn, 5. Widya Lestari, S.Si, M.Si, 6. Khairul Rizal, S.TP, M.Si, 7. Febri Khoiri Sagala, SP, 8. Budianto Bangun, S.Sos, M.Kom, 9. Syaiful Zuhri, S.Kom, M.Kom, 10. Ibnu Rasyid, S.Kom, M.Kom.