06/08/2020

Edukasi Publik, Pasar Modal Goes To Campus STIE Labuhanbatu

Indonesia Stock Exchange (IDX) dan PT. Mirae Asset Sekuritas Medan mengadakan Edukasi Publik Pasar Modal Goes To Campus. Acara tersebut dihadiri oleh para dosen, mahasiswa, pengusaha, HIPMI Rantauprapat, Bank BRI Cabang Rantauprapat, dan perwakilan dari luar kampus di Ruang Eksekutif STIE Labuhanbatu, Rabu (7/3/2018). Acara ini mengangkat tema “Investasi Cerdas Dibidang Pasar Modal Indonesia” menghadirkan narasumber Ferdinan Sihombing (Trainee (IDX) dan Tri Yuda Indra Murti (Marketing of PT. Mirae Asset Sekuritas) dari Medan.


Kegiatan ini dibuka oleh sambutan Bapak Darul Amman, S.PT, M.M, M.PD selaku Wakil III Koord. Y-ULB mengatakan, sangat mengapresiasi dan mendukung acara edukasi publik yang dilaksanakan STIE Labuhanbatu. Ia, menjelaskan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk mengenal tentang pasar modal sebagai salah satu investasi masa depan. Sementara itu, Ketua STIE Labuhanbatu dalam sambutannya yang diwakili oleh Puket I Bid. Akademik Bapak M. Irwansyah Hasibuan, SE, M.Si menegaskan, bahwa kegiatan ini sangat penting karena masih belum banyaknya masyarakat yang paham akan manisnya bermain saham di pasar modal. Ia, berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan memotivasi para dosen dan mahasiswa guna belajar pasar modal.

Dalam penyampaian materinya, Ferdinan mengatakan bahwa saham sebagai investasi jangka panjang yang memiliki tingkat pengembalian yang tinggi selama perusahaan yang dipilih memiliki kinerja baik. Disamping itu, pertumbuhan nilai saham yang memiliki kinerja baik akan memiliki tingkat pertumbuhan yang lebih tinggi daripada inflasi. Sehingga nilai uang yang ditanamkan akan selalu meningkat. Ferdinan menambahkan, tidak perlu takut dalam investasi saham karena produk saham resmi dibawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), mahasiswa juga dapat berinvestasi di saham ataupun investasi bermodal Rp 100 ribu dalam satu platform. Sebelum mahasiswa berinvestasi di saham, terlebih dahulu memahami investasi saham seperti pengenalan profil risiko pribadi guna memilih jenis investasi yang tepat. Saat ini, Indonesia Stock Exchange (IDX) sudah bekerjasama berbagai universitas di Sumatera Utara dalam pembukaan Galeri Pasar Modal, sebagai upaya edukasi ke kampus-kampus untuk memperkenalkan produk investasi,” ucapnya.

 


Di kesempatan yang sama, Yuda selaku Marketing of PT. Mirae Asset Sekuritas menjelaskan, bahwa orang sukses dan orang kaya adalah orang yang memiliki pola pikir yang sama. “Jika ditanya siapakah yang paling kaya? Jawabannya adalah mereka yang memiliki pendapatan lebih besar daripada biaya dan utang-utangnya. Memiliki tujuan yang jelas dan tertulis dalam hidupnya. Kemudian memikirkan caranya agar tujuannya tercapai dan melaksanakannya,” kata Yuda. Kemudian, bagi mahasiswa yang ingin berbisnis di pasar modal, disarankan untuk memilih saham yang baik secara laporan keuangan dan likuid LQ45. Ia, menegaskan dengan edukasi publik pasar modal ini dapat memberikan informasi yang benar kepada publik agar dapat menekan atau memperkecil jumlah investasi bodong. Harapannya, semoga Galeri Pasar Modal di kampus dapat terealisasi dan didukung oleh pihak kampus guna membantu mahasiswa memperoleh berbagai informasi investasi pasar modal sekaligus sebagai sarana praktek, sehingga tidak hanya tahu teori pasar modal saja, melainkan bisa praktek dan merasakan hasilnya.