26/09/2020

Kegiatan Sosialisasi Pengisian Pada Akun SIMKATMAWA Tahun 2020

Labuhanbatu, Juni 17-2020

Sesuai dengan visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu mewujudkan pendidikan tinggi yang bermutu serta kemampuan IPTEK dan inovasi untuk mendukung daya saing bangsa, memandang pentingnya peran dalam pengembangan kegiatan kemahasiswaan baik pada tataran kelembagaan kemahasiswaan di Perguruan Tinggi (PT), peningkatan prestasi mahasiswa serta terus mendorong pengembangan minat, bakat, penalaran, dan kreativitas serta keilmuan dan keprofesian mahasiswa. Guna membekali mahasiswa dalam menghadapi tantangan globalisasi, maka mahasiswa bukan hanya kita bekali dengan akademik semata, namun juga harus kita bekali dengan berbagai kegiatan kemahasiswaan untuk meningkatkan soft skills mahasiswa.

Bertempat ruang rapat Universitas Labuhanbatu dilaksanaknnya sosialisasi Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Mahasiswa (SIMKATMAWA). Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2020, adapun yang menghadiri kegiatan sosialisasi tersebut yaitu Wakil Rektor, Dekan Fakultas, Ka. Biro Kemahasiswaan dan alumni, BAAK Fakultas, LPMI, acara tersebut dipimpin  oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Bapak Dr. Amin Harahap, S.Pd.I, M.Si yang mewakili Rektor ULB Bapak Ade Parlaungan Nasution, SE. M.Si.

Adapun tujuan dari program pengembangan Simkatmawa yaitu untuk mengetahui klasterisasi dan pemeringkatan bidang kemahasiswaan dari setiap Perguruan Tinggi (PT) yang ditujukan untuk menjadi wahana bagi PT melaporkan prestasi-prestasi mahasiswa dan institusi bidang kemahasiswaan.

Pemeringkatan kemahasiswaan tersebut dilakukan guna mendorong PT untuk meningkatkan kepedulian kepada kegiatan-kegiatan kemahasiswaan sehingga dapat menumbuh-kembangkan prestasi mahasiswa dalam bidang penalaran dan kreativitas mahasiswa, olahraga, seni, minat khusus, bakat, kewirausahaan, dan kesejahteraan mahasiswa dalam skala nasional maupun internasional. Pemeringkatan kemahasiswaan juga ditunjukan untuk memotivasi PT dalam mengembangkan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan baik secara kelembagaan kemahasiswaan, prestasi mandiri PT dan juga keterlibatan dalam berbagai kegiatan yang diselengarakan oleh Direktorat Belmawa, Ditjen Dikti serta upaya untuk meningkatkan prestasi-prestasi mahasiswa baik tingkat nasional maupun internasional.

Melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan kerjasama dari para Bapak/Ibu Dekan Fakultas, BAAK, LPMI untuk dapat mempersiapkan data serta dokumen pendukung untuk pengisian pada akun SIMKATMAWA , ungkap Pak Amin. Mudah-mudahan kampus kita nantinya masuk kedalam Klasterisasi yang baik khususnya terhadap Kegiatan dan Prestasi mahasiswa.”Ak.