23/11/2020

MoA dan Pelepasan Mahasiswa/i Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Program KKN Tematik dengan Kepala Desa Gunung Selamat

Kamis, 4 Nopember 2020 Gunung Selamat, Kec. Bilah Hulu- Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Labuhanbatu Pristiyono, SE, M.Si menandatangani MoA dengan Kepala Desa Gunung Selamat Kec. Bilah Hulu Kab. Labuhanbatu Bapak Wiyono, S.P.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Labuhanbatu (ULB) kembali terjunkan sebanyak 3 mahasiswa/i untuk mengikuti MBKM program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT)/ Membangun Desa ke Desa Gunung Selamat, Kec. Bilah Hulu, Kab. Labuhanbatu, Rabu (04/11/2020).

Dalam rangka mewujudkan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Bapak Nadiem Anwar Makarim tentang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Labuhanbatu (ULB) melakukan penandatangan MoA dengan Desa Gunung Selamat, Kec. Bilah Hulu, Kab. Labuhanbatu. Kegiatan tersebut langsung dihadiri Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Labuhanbatu (ULB) Bapak Pristiyono, SE, M.Si beserta rombongan.
Kepala Desa Gunung Selamat, Kec. Bilah Hulu, Kab. Labuhanbatu, yakni Bapak Wiyono, SP menyambut hangat kerjasama ini, ia menambahkan hal ini merupakan program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mewakili seluruh masyarakat Desa Gunung Selamat kami merasa beruntung dan dipercayakan kembali ada mahasiswa/i yang melakukan KKN Tematik/ Membangun Desa di Desa kami yang memerlukan masukan-masukan akademik dan meningkatkan peran nyata mahasiswa/i ditengah pandemi covid-19.

Terpilihnya Desa Gunung Selamat, Kec. Bilah Hulu, Kab. Labuhanbatu merupakan pilihan dari mahasiswa/i yang ikut KKN Tematik/ Membangun Desa, tidak ada paksaan dalam penentuan Desa. Hal yang sama, juga disampaikan oleh Dekan Ekonomi dan Bisnis Universitas Labuhanbatu (ULB) Bapak Pristiyono, SE, M.Si bahwa program Kampus Merdeka merupakan hak kebebasan mahasiswa untuk mengikuti pembelajaran diluar dari bidang studinya dan Fakultas hanya memfasilitasi kegiatan ini, salah satu programnya adalah KKN Tematik/ Membangun, melalui program ini diharapkan mahasiswa/i dapat memberikan pikiran dan tenaganya dalam membangun ekonomi rakyat dan infrastruktur dan lainnya.
Ia juga menambahkan, Kedepan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Labuhanbatu (ULB) membangun MoA dengan berbagai mitra kerja sama instansi-instansi dan perusahaan guna mewujudkan program Kampus Merdeka lainnya seperti Pertukaran Pelajar diluar Perguruan Tinggi, Praktik Kerja Magang, Penelitian, Kewirausahaan dan Studi/Proyek Independen, sebagai bentuk komitmen perguruan tinggi dalam mengikuti dan melaksanakan program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.