28/09/2020

PUSAT BIMBINGAN KARIR STIE LABUHANBATU GELAR KULIAH UMUM KEWIRAUSAHAAN – “MENUNTUN PENINGKATAN PENDAPATAN MAHASISWA MENUJU MANDIRI”

Kamis, 28 September 2017, Pusat Bimbingan Karir (PBK) STIE Labuhanbatu mengadakan Seminar Kewirausahaan yang mengundang para Praktisi Kewirausahaan antara lain Rahmatuloh Habibi Selaku Manajer Pemasaran BRI kanca Rantauprapat, Bung Indra Firdaus Selaku ketua HIPMI Labuhanbatu dan Praktisi Lainnya.

                                                               

Melalui kuliah umum “Menuntun Peningkatan Pendapatan Mahasiswa Menuju Mandiri” yang diadakan oleh STIE Labuhanbatu di kampus Yayasan Universitas Labuhanbatu Rahmatuloh Habibi menyampaikan “Jika adik2 mau dapat uang ya harus jd sales baik itu menjual produk sendiri maupun produk org lain” Dalam materinya bapak Rahmatuloh Habibi menyampaikan peranan Bank dalam kemandirian finansial mahasiswa yaitu sebagai sarana transaksi, kelompok modal usaha dan sarana untuk berinvestasi. Bung Indra Firdaus Selaku ketua HIPMI Labuhanbatu yang juga sebagai pemateri memotivasi dan mengajak Mahasiswa/i STIE Labuhanbatu untuk menjadi pengusaha muda mandiri melalui kegiatan UKM. Menurut Indra, Jiwa Kewirausahaan harus terus diasah, baik keberanian, kejujuran dan tentu saja dasar-dasar teori wirausaha yang harus ditempa oleh Mahasiswa.

Dalam kesempatan yang sama, Zulkarnain Nasution,SE,M.Si selaku Ka. Prodi Manajemen STIE Labuhanbatu menyebutkan bahwa kuliah umum tentang kewirausahaan ini adalah untuk mempersiapkan mahasiswa STIE Labuhanbatu menjadi pengusaha/enterpreuner yang tangguh dan mampu menciptakan lapangan kerja terutama di Labuhanbatu.

Sementara itu Direktur Pusat Bimbingan Karir STIE Labuhanbatu, M. Irwansyah Hasibuan,SE,M.Si menjelaskan bahwa PBK STIE Labuhanbatu secara rutin akan mengadakan kegiatan yang merangsang mahasiswa dan alumni untuk menjadi wirausaha ataupun mampu menjadi konsultan bagi pengusaha kecil. Menurutnya kedepan, selain tetap mengadakan seminar kewirausahaan, PBK STIE labuhanbatu akan bekerjasama dengan berbagai Instansi di labuhanbatu untuk nengadakan acara Job Fair dan bimbingan karir bagi mahasiswa STIE Labuhanbatu. Irwansyah menambahkan bahwa STIE labuhanbatu akan bekerjasama dengan DIKTI dan Kopertis wilayah I Sumatera Utara untuk program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang budgetnya disediakan oleh pemerintah untuk mendorong mahasiswa membuka usaha kreatif atau menjadi start up bisnis

                                                       

Kuliah umum yang dimulai pukul 15.00 WIB  sore diawali dengan kata pengantar dari Ka. Prodi Bapak  Zulkarnain Nasution SE, M.Si. Dalam sambutannya, sedikit memberi gambaran kepada mahasiswa yang hadir di ruangan tersebut tentang memperoleh pendapatan bagi mahasiswa baru bahwa kegiatan ini sangat berguna bagi seluruh mahasiswa baru bagaimana dengan titik nol modal dapat memperoleh pendapatan dengan cara mengeksplotasi kegiatan kreatifitas untuk dapat bersaing secara lokal maupun secara nasional dengan cara ikut serta dalam kegiatan kretifitas mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi sehingga kreatifitas tersebut akan diberikan bantuan berupa modal dana sebagai awal untuk mengembangan kreatifitas tersebut, modal dana tersebut bisa dari Sekolah Tinggi Maupun dari mitra kerja yang sudah terjalin yaitu PT. BRI  khususnya Cabang Rntauprapat,  dengan kehadiran Ketua Hipmi Cabang Labuhanbatu juga bisa bekerja sama dalam bentuk pembinaan para calon pengusaha muda.

Dalam penjelasannya dari pihak PT. BRI Cabang Rantauprapat yang disampaikan oleh Bapak R. Habibi bahwa fungsi Bank berfungsi sebagai alat untuk menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat dan Fungsi bank yaitu memobilisasi dana untuk pembangunan ekonomi suatu negara, dengan menghimpun dana dari masyarakat untuk berinvestasi terhadap pembangunan negara serta Bank berfungsi sebagai lembaga yang memberikan pelayanan kepada masyarakat, yang berupa jasa pelayanan perbankan kepada masyarakat agar masyarakat merasa nyaman dan aman di dalam menyimpan dananya tersebut.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi akan menggandeng para calon pelaku/pemilik usaha untuk dijadikan mitra agar dapat meningkatkan usahanya. Oleh karena itu kita akan mencoba memfasilitasi bagaimana mereka mendapatkan bantuan dana usaha. Selain itu kita juga akan berusaha bagaimana agar mereka sesama pelaku usaha selalu mengedepankan kerjasama. Dengan terjalinnya kerjasama mereka maka membersarkan usaha bukanlah hal yang sulit.

HIPMI Cabang Labuhanbatu Dalam paparannya yang disampaikan oleh Bung Indra Firdaus, SE menyampaikan kepada seluruh mahasiswa yang hadir memperkenalkan mengenai segala sesuatu tentang usaha dan bagaimana caranya mahasiswa bisa mulai merintis usaha sejak berada di bangku kuliah sehingga nanti dapat menjadi pengusaha yang tangguh dan berpengalaman. Kami berharap nantinya kita tidak lagi kita sibuk memikirkan angka pengangguran tinggi karena mahasiswa sudah bisa menciptakan lapangan pekerjaan. Bunga Indra firdaus, SE menambahkan, Hipmi terus berupaya menyebarkan virus kewirausahaan di perguruan tinggi sehingga bisa membantu pemerintah untuk menciptkan wirausaha muda yang tangguh di Tanah Air. Semangat generasi muda untuk merintis usaha di bidang industri kreatif perlu mendapatkan dukungan semua pemangku kepentingan. Dalam hal ini, katanya, Hipmi Jaya bekerja sama dengan pihak Bank BRI. Oleh karena itu mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi berinisiasi  harus bisa menjadi pelopor untuk mengembangkan Industri Kreatif di Indonesia.

Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Labuhanbatu menyampaikan  ucapan terima kasih kepada nara sumber dan seluruh mahasiswa yang hadir serta undangan. Bahwa acara seperti ini akan dilakukan menjadi kegiatan rutin untuk meningkatkan daya saing mahasiswa. Dan ketua STIE Labuhanbatu berpesan kepada seluruh mahasiswa agar selalu menjunjung sikap kreatifitas agar dapat bersaing dalam forum nasional dan internasional. Apalagi kita sudah di dalam persaingan masyarakat ASEAN.