28/09/2020

Sejarah

 

SEJARAH ULB

Universitas Labuhan Batu (ULB) merupakan sebuah universitas dari hasil penyatuan dari sejumlah Sekolah Tinggi yakni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Labuhanbatu, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Labuhan Batu, Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER) Labuhan Batu, Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Labuhan Batu dan Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Labuhan Batu yang berdiri sejak tahun 1998 oleh Yayasan Universitas Labuhan Batu (YULB). Yayasan ini didirikan di Rantauprapat, Sumatera Utara sejak tanggal 12 Desember 1998, yang bergerak dalam usaha mendirikan, membina dan mengelola perguruan tinggi di Kabupaten Labuhan Batu. Universitas Labuhan Batu menempati lahan Kampus seluas 3,3 Ha di  Jln. S.M. Raja No. 126 Kota Rantauprapat, Labuhan Batu, Sumatera Utara.

Dalam perkembangan berikutnya pada tahun 2018 sesuai dengan tuntunan perubahan zaman dan paradigma baru tentang pendidikan tinggi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Labuhan Batu, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Labuhan Batu, Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER) Labuhan Batu, Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Labuhan Batu dan Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Labuhan Batu digabung menjadi Universitas Labuhan Batu. Yang saat ini menaungi 4 Fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Sains dan Teknologi , Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan Fakultas Hukum dan telah disahkan dalam Surat Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 658/KPT/I/2019 tentang izin penggabungan sekolah tinggi, pada tanggal 29/7/2019 di Jakarta tentang pendirian Universitas Labuhanbatu disertai dengan penambahan 3 Program Studi Baru yaitu Sistem Informasi S-1, Teknologi Informasi S-1 dan Akuntansi S-1.

Universitas Labuhan Batu merupakan perguruan Tinggi swasta yang cukup ternama di provinsi Sumatera Utara dan berada di bawah naungan Lembaga Layanan Dikti 1 Sumatera Utara.