25/09/2020

KUNJUNGAN TIM WASDALBIN KOPERTIS WILAYAH I DI STIE LABUHAN BATU

STIE-LB – Pimpinan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Labuhanbatu diwakili Puket I STIE Labuhanbatu M. Irwansyah Hasibuan, SE, M.Si, Ka. Prodi Manajemen STIE Labuhanbatu Pristiyono, SE, M.Si menerima TIM Monitoring dan Evaluasi (Monev) Wasdalbin (Pengawasan, Pengendalian, dan Pembinaan) Kopertis Wilayah I Sumatera Utara, Rabu, 25/10/2017.

Tim Monev dipimpin oleh Drs. Kamaru Hazsuardi, MM (Ketua), Ir. Mustafa, MT, Dr. Muhammad Arifin, M.Hum (tim ahli) dan Armiadi Asamat, S.Sos. Irwansyah Hasibuan, selaku Puket I STIE Labuhanbatu mengucapkan selamat datang kepada Tim Monev dari Kopertis Wilayah I Sumatera Utara. Dikatakan Irwansyah bahwa institusi kami khususnya STIE Labuhanbatu akan memberikan informasi yang sejelas-jelasnya kepada Tim Monev. Selain itu perlu di informasikan kepada Tim Monev, bahwa Prodi Manajemen STIE Labuhanbatu sudah terakreditasi “B” oleh BAN-PT dan semua Dosen yang ada di STIE Labuhanbatu bergelar S2 karena hal tersebut merupakan persyaratan tenaga pengajar di Perguruan Tinggi harus bergelar S2 sesuai ketentuan Kemenristek Dikti. Kita akan terus meningkatkan kualitas dan kuantitas terutama dalam proses peningkatan Akademik, pelayanan, dan SDM Dosen, komitmen tersebut dibuktikan beberapa Dosen kami saat ini sedang melanjutkan S3 atau Program Doktor di berbagai Universitas ternama di Nusantara ini.

Saat ini juga Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Labuhanbatu dan Sekolah-sekolah Tinggi/Akademi di bawah naungan Yayasan Universitas Labuhanbatu yang dipimpin Koordinator Akademik Bapak Ade Parlaungan Nasution, SE, M.Si sedang melaksanakan MOU kerjasama dengan kampus yang berada di Malaysia, yakni UTHM (University Tun Husein Onn Malaysia), Universiti Sains Islam Malaysia (USIM), Kolej Universiti Insaniah (KUIN) Kedah Malaysia. Adapun kerjasama ini dalam bidang riset, studi lanjut, dan pertukaran Mahasiswa. Harapan kami datangnya tim Monev Kopertis ini dapat membantu kita untuk berbagi dalam hal menjalankan  proses akademik di STIE Labuhanbatu, ujar M. Irwansyah Hasibuan yang juga menjabat sebagai ketua ADI (Assosiasi Dosen Indonesia) cabang Labuhanbatu ini.

Sementara itu Kamaru Hazsuardi selaku ketua tim Monev mengatakan, bahwa proses monitoring dan evaluasi ini ini bukan untuk mencari-cari kesalahan di sebuah institusi perguruan tinggi, namun perlu diingat bahwa kami akan memonitor dan mengevaluasi perguruan tinggi, agar proses akademik di sebuah perguruan tinggi dapat berjalan dengan baik seperti yang diamanahkan Undang-undang. Jadi kami diamanahkan oleh Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut dan kebetulan kami yang ditugaskan di daerah Labuhanbatu terutama di Lingkungan Yayasan Universitas Labuhanbatu. Pada kesempatan kami membawa tim ahli yang sudah berkompeten dibidangnya terutama Bapak Dr. Muhammad Arifin, M.Hum yang merupakan Pakar Hukum UMSU dan Dosen Kopertis yang diperbantukan di kampus UMSU.

Sehari sebelumnya 24/10/2017 Tim Monev juga berkunjung ke Sekolah-sekolah Tinggi dan Akademi di Lingkungan Yayasan Universitas Labuhanbatu antara lain STKIP Labuhanbatu, STIH Labuhanbatu, STIPER Labuhanbatu dan Amik Labuhanbatu. (**)