FGD Penyusunan Perangkat Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis Kewirausahaan

Dalam rangka implementasi kegiatan-kegiatan PKKM Tahun 2024 Prodi Manajemen FEB ULB salah satu kegiatannya adalah melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) yang bertema Penyusunan Perangkat Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis Kewirausahaan dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten dari Universitas Pekalongan, Jawa Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12-13 Agustus 2024 bertempat di Kampus Universitas Labuhanbatu dan acara ini ditujukan khusus bagi Dosen Prodi Manajemen yang membawa mata kuliah berbasis kewirausahaan. Dalam sambutannya, Wr. II ULB Dr. Zulkifli Musannip Efendi Siregar, MM menyampaikan bahwa kepada Dosen-dosen kegiatan FGD ini sebagai bentuk share sharing mengenai bagaimana Dosen diharapkan mampu mendesain RPS sesuai dengan kebutuhan mata kuliah dengan memperhatikan CPMK dan CPL sehingga terjadi sinkronisasi pembelajaran kewirausahaan.

Narasumber utama pada FGD Dr. Mahirun, SE, M.Si dan Dr. Danang Satrio, SE, MM dalam pemaparannya fokus pada penyusunan RPS, CPMK dan CPL serta bagaimana Dosen-dosen tidak hanya mampu dalam mendesain suatu materi tetapi juga dapat membangun karakteri mahasiswa/I dalam bidang kewirausahaan melalui pembelajaran mata kuliah yang aktraktif dan studikatif mengenai kewirausahaan. Kegiatan ini dihadiri oleh UPT MBKM ULB Ibu Rahma Muti’ah, S.Psi, M.Psi menyampaukan kegiatan FGD ini sebagai bentuk dukungan bahwa Kampus Merdeka di Kampus ULB terus dilaksanakan dalam bentuk pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi.

Harapan bersama dari kegiatan ini bahwa Dosen-Dosen yang berada pada Prodi Manajemen FEB ULB memperoleh bekal, informasi dan pengetahuan yang mendukung untuk pengelolaan dan pengembangan Lab. Kewirausahaan sehingga dapat menunjang pembelajaran kewirausahaan bagi mahasiswa/I dan Dosen-dosen yang lebih adaptif dan kreatif serta memberikan motivasi kepada mahasiswa/I untuk mengasah kemampuan dibidang wirausaha.