09/02/2023

Universitas Labuhanbatu Gelar Workshop Percepatan Lektor Kepala dan Guru Besar

Labuhanbatu, januari, 12-2023

Bertempat ruang seminar Universitas Labuhanbatu dilaksanakannya Workshop Percepatan Lektor Kepala & Guru Besar bagi para dosen Universitas Labuhanbatu dan mengundang dosen dari PTS yang ada di Labuhanbatu. Adapun yang menjadi narasumber dalam kegiatan workshop yaitu Kepala LLDIKTI Wilayah 1 Sumatera Utara Prof. Drs. Syaiful Anwar Matondang, M.A., Ph.D. acara tersebut dilaksanakan pada hari kamis 12 januari 2023, pukul 09:30 wib s/d 12:20 Wib.

Acara Workshop dihadiri langsung oleh Ketua Yayasan Universitas Labuhanbatu Bapak Halomoan Nasution, S.H, Rektor ULB. Assoc Prof. Ade Parlaungan Nasution, Ph.D, Wakil Rektor 1 Dr. Sriono, S.H., M.Kn, Wakil Rektor II Dr. Sumitro, SE., M.Si, Wakil Rektor III Dr. Amin Harahap, S.Pd.I.,M.Si, Direktur Pascasarjana Dr. Zulkifli Musannif Efendi Siregar., M.Kom, Bapak Ibu Dosen tetap dilingkungan Universitas Labuhanbatu dan juga mengundang para dosen dari kampus UNIVA Labuhanbatu, UNISLA, IT.Kes Labuhanbatu dan STITA Bukhori Labuhanbatu.

Muhammad Ali Al Ikhsan, SE., M.Si selaku ketua panitia melaporkan bahwa peserta yang mengikuti kegiatan worshop terdiri dari bapak/ibu dosen Kampus ULB sebanyak 124 orang, jenjang Doktor sebanyak 16 orang dan Magister sebanyak 58 orang, sedangkan dosen dari kampus luar, UNISLA 1 orang, STITA Labuhanbatu 5 orang dan IT. Kes Labuhanbatu  4 orang. Diakhir laporannya, Pak Ikhsan menyampaikan kepada seluruh peserta untuk dapat mengikuti kegiatan workshop ini sampai akhir acara, karena acara ini sangat baik untuk di ikuti para dosen untuk persiapan kenaikan jabatan fungsional dosen, sebutnya

Rektor ULB Assoc. Prof. Ade Parlaungan Nasution, Ph.D dalam sambutannya menyampaikan bahwa rata-rata dosen ULB sudah memiliki scopus, bagi dosen yang tidak memiliki scopus tidak bisa pembimbing dan penguji skripsi mahasiswa, selanjutnya pada tahun 2022 kami sudah mengajukan Lektor kepala sebanyak 7 orang, Alhamdulillah ada 1 yang lulus, semangkin banyak Lektor kepala dalam suatu perguruan tinggi dampaknya juga semangkin baik bagi LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara. Kita ketahui kalau tidak ada jabatan Lektor kepala akan sulit untuki meraih akreditasi baik sekali, kita berharap para Bapak/Ibu cepat dapat meraih Lektor kepala, dengan harapan perlunya arahan dari Prof. Syaiful untuk proses menraih jabatan Lektor Kepala. Ungkapnya.

Prof. Syaiful menyampaikan bahwa pendekatan yang saya ambil yaitu mutu dari pada SDM yaitu para Dosennya, selanjutnya yaitu tendik,  tendik juga harus di register, sehingga tendik tersebut berhak mendapatkan jabatan fungsional tendik. Kalau di negara Malaysia yang hebat itu tendiknya. Disamping itu juga yang harus diketahui untuk jenjang jabatan Akademik untuk Asisten Ahli Kum 150, Lektor Kum 200-300, Lektor Kepala Kum 450, 550-700, sedangkan untuk guru Besar Kum 850-1050. Selanjutnya Prof Syaiful menyampaikan untuk syarat menjadi Lektor kepala yaitu:

  1. Telah 2 tahun jabatan Lektor
  2. Memiliki nilai SKP/DP3 sebesar 80-90
  3. Bagi lulusan S3 Wajib publis Sinta 2 Sesuai dengan Ijazah S3 sebagai penulis pertama
  4. Bagi Lulusan S2 Wajib Publish jurnal Internasional bereputasi index H-Scopus/SJR>0.150 atau WoS>0.60
  5. Memiliki Koresponding email yang jelas
  6. Revisi 1-3 dilampirkan
  7. Disetujui senat Universitas
  8. Diajukan (surat Permohonan) oleh Rektor.

Setelah usai kegiatan workshop, dilaksanakan penyerahan plakat oleh Rektor ULB kepada Kepala LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara  didampingi ketua Yayasan Universitas Labuhanbatu dan dilanjut acara berfoto bersama.“Ak.