28/05/2022

ULB Gelar Festival Budaya Melayu Tingkat SLTA Se- Kabupaten Labuhanbatu Selatan

 

Labuhanbatu, April, 4-2022

Festival tari dan lagu melayu bertujuan untuk meningkatkan apresiasi dan berkembangnya seni dan budaya di kalangan masyarakat dan juga kepada para siswa/i dan meningkatkan kesadaran serta kepedulian akan pentingnya peran seni budaya dalam membangun identitas karakter Bangsa.

Bertempat kampus III (tiga) Universitas Labuhanbatu Asam Jawa Kota Pinang diselenggarakannya festival tari dan vokal Melayu tingkat SMA, SMK, MA Se- Kabupaten Labuhanbatu Selatan, acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 31 maret 2022 Pukul 09:30 -16:30 wib. Adapun kategori perlombaan yaitu Tari Serampang Dua Belas dan Vokal Solo.

Festival Budaya Melayu tersebut dihadiri oleh Bupati Labuhanbatu Selatan yang diwakili oleh Bapak H. Zulkifli Siregar dari Kebanpol Labuhanbatu Selatan,  Badan Pelaksana Harian (BPH) Yayasan Universitas Labuhanbatu Bapak Halomoan Nasution, Rektor Universitas Labuhanbatu Bapak Ade Parlaungan Nasution, SE., M.Si., Ph.D yang diwakili oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Binis (FEB) Pristiyono, SE., , Koordinator Kampus III ULB Hj. Novrihan Leily Nasution, SE., M.S, Kabid. Kemahasiswaan Akhiruddin Ritonga, SH dan dihadiri oleh Bapak/Ibu Dosen Universitas Labuhanbatu, Bapak/Ibu Guru pendamping Siswa/i, dan Dewan Juri untuk perlombaan Vokal Soloh yaitu Fazrul Maisa Nasution, Fauzan Pazli Nasution, Adi Budiman Situmorang dan untuk Dewan juri tari Serampang Dua Belas yaitu Dr. Aziddin Harahap, Nur Ainun Gulo, Ari Akbar Naution.

Ir. H. Harry Mariono, MM selaku ketua panitia melaporkan bahwa jumlah sekolah yang mendaftar dalam festival Budaya melayu berjumlah 14 sekolah, untuk kategori vocal di ikuti oleh 14 sekolah sedangkan untuk tari serampang dua belas di ikuti sebanyak 7 sekolah, Pak Mariono menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak BPH dan Rektor yang telah mendukung kegiatan ini, dengan harapan kegiatan Festival budaya Melayu ini dapat menjadi agenda tahunan untuk dilaksanakan di kampus Universitas Labuhanbatu Selatan. Harapannya

Dalam kesempatan yang sama Koordinator kampus III ULB Asam Jawa Hj. Norihan Leily Nasution, SE.,M.Si dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak BPH dan Rektor Universitas Labuhanbatu yang telah mendukung kegiatan Festival Budaya Melayu, walau dalam waktu singkat hanya 2 minggu, Alhamdulillah panitia dapat bekerja secara makimal sehingga terselenggara acara ini, hal ini juga tidak terlepas dari dukungan dari para donatur yang tidak mengikat, dengan dielenggarakannya festival Budaya melayu ini mudah mudahan kampus III ULB Asam Jawa ini dapat bangkit kembali, adapun tujuan diselenggarakannya festival budaya melayu ini yaitu untuk melestarikan tari dan lagu melayu sekaligus memperomosikan kampus III ULB Asam Jawa. Sebutnya

Festival budaya melayu tersebut dibuka oleh Badan Penawas Yayasan Universitas Labuhanbatu Bapak Halomoan Nasution, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada peserta lomba serta ucapan terima kasih kepada Bapak/Ibu Kepala Sekolah yang sudah mendaftarkan peserta didiknya untuk mengikuti Festival yang diselenggarakan oleh Kampus Universitas Labuhanbatu, adapun tujuan kegiatan festival budaya melayu ini untuk menumbuhkan dan melestarikan seni dan budaya di kalangan para siswa/i dan maarakat khususnya di Kabupaten Labuhanbatu Selatan, di akhir sambutannya BPH ULB menyampaikan kepada dewan juri nantinya agar bersikap netral dalam penilaian  tampa ada intervensi dari pihak manapun, ungkapnya

Sembari menunggu hasil pengumuman para juara oleh dewan juri BPH Univeritas Labuhanbatu Bapak Halomoan menyampaikan apresiasi kepada panitia yang sudah menyelenggarakan festival ini dengan baik dan sukses, saya pastikan untuk tahun berikutnya akan kita gelar kembali Festival Budaya Melayu ini sesuai harapan ketua panitia tetapi pelaksanaannya nanti bisa kita laksanakan di kampus cabang ULB lainnya, diakhir sambutannya BPH menyampaikan ucapan selamat kepada peserta yang meraih juara dan peserta yang kalah ini merupakan kemenangan yang tertunda, dan diakhir sambutannya Bapak BPH menutup secara resmi Festival Budaya Melayu Tahun 2022.

Adapun hasil penilaian dari Dewan juri yang meraih juara yaitu:

Kategori Vokal Solo Lagu Melayu :

Juara 1 asal sekolah  SMA N. 2 Kota Pinang atas nama Uswatun Hasanah

Juara 2 asal sekolah SMK YAPSUN Silangkitang atas nama Umi Kalsum

Juara 3 asal Sekolah SMA N. 2 Torgamba atas nama Nia Nurliza

Juara Harapan 1, Asal Sekolah SMA N. 1 Kota Pinang atas nama Dinda

Kategori Tari Serampang Dua Belas

Juara 1, asal sekolah SMA N. 2 Toraamba atas nama Putri Khusna Aulia dan Petrus Lumbantoruan

Juara 2, asal sekolah SMA Swasta Widya Dharma atas nama Indriani dan Andre

Juara 3, asal sekolah SMA. N I Kota Pinang atas nama Krisdiano dan Tasya Fauziah Sarumpaet

Juara Harapan 1, asal sekolah SMK Swasta Supian Membangun Silangkitang atas nama Riski Irwansyah dan Dela Andini

setelah usai pengumuman oleh dewan juri dilaksanakan penyerahan piala, dana pembinaan dan juga sertifikat kepada para juara dan dilaksanakan acara berfoto bersama. Ak.